Ternyata Begini Posisi Gigi Mobil Matic yang Benar saat Nunggu Lampu Merah

  • Bagikan

Jakarta –  Posisi gigi mobil matic saat menunggu lampu merah kerap menjadi perdebatan. Ada yang mengatakan, posisi tuas transmisi harus dinetralkan agar tak menambah beban kerja transmisi. Namun tidak sedikit juga yang mengatakan tidak masalah bila posisi gigi tetap berada di D. Lalu mana yang benar?

Sebenarnya soal posisi tuas transmisi pada mobil matic pada kondisi tertentu tercantum dalam buku panduan manual. Contohnya, di dalam buku panduan manual Mitsubishi Xpander, dijelaskan juga posisi gigi saat menunggu lampu merah.

Mitsubishi menjelaskan posisi tuas transmisi bisa berada di tuas selektor dengan menginjak rem biasa. Artinya, tidak masalah bila posisi tuas tetap berada di D bila waktu tunggu lampu merahnya singkat. Tapi bila waktu tunggu lebih lama, maka baru memindahkan tuas transmisi ke posisi Netral.

“Untuk menunggu dalam waktu yang singkat seperti saat menunggu lampu lalu lintas, kendaraan dapat dibiarkan dalam posisi tuas selektor dan ditahan diam dengan rem biasa. Untuk menunggu dalam waktu yang lebih lama dengan mesin menyala, tempatkan tuas selektor pada posisi ‘N’ dan gunakan rem parkir, sembari menahan kendaraan untuk diam dengan rem biasa,” begitu tulis Mitsubishi dalam buku panduan manual Xpander.

Senada dengan Mitsubishi Xpander, dalam buku panduan manual Toyota Avanza juga tertulis saat posisi tuas transmisi di D, tekan pedal rem. Jika diperlukan bisa menggunakan rem parkir.

“Bila kendaraan dihentikan dalam waktu lama, posisikan tuas transmisi ke P atau N,” begitu bunyi keterangannya.

Jadi sebenarnya tidak masalah bila saat menunggu lampu merah berada di posisi gigi tetap di D, asalkan kamu tetap menginjak rem. Atau kalau mau lebih amannya, tidak ada salahnya juga posisi gigi dipindahkan ke N dan tak lupa menginjak rem. Pun kalau bicara dari sisi keselamatan, pakar keselamatan berkendara juga menyarankan agar posisi gigi berada di N sembari menginjak rem saat menunggu lampu merah.

Baca Juga:  Video: Kelemahan dan Kelebihan All New Terios

“Kenapa harus service brake (rem kaki)? Supaya pengemudi di belakang tahu kalau mobil kita sedang berhenti ditandai dengan lampu rem yang menyala. Kalau parking brake kan lampu rem nggak menyala. Jadi kalau misalnya ada pengemudi dari jauh, dia kecepatannya masih tinggi dia akan reflek injak rem karena lihat lampu rem kita nyala karena pengemudi biasanya sudah reflek kalau lihat lampu rem nyala kita ngerem,” tutur Instruktur Safety Driving SDCI Jacku Aryanto Rumokoi.

  • Bagikan