8 Cairan Engine Flush Terbaik untuk Mesin Mobil Anda

  • Bagikan
Menjaga ruang mesin tetap bersih dari berbagai kotoran menumpuk, Anda bisa menggunakan salah satu dari 8 cairan pembersih mesin atau engine flush terbaik ini.

Untuk menghindari terjadinya endapan lumpur atau oli sludge pada mesin, beberapa teknisi menggunakan engine flush, atau pembersih mesin mobil. Namun pastikan untuk mencari produk yang aman digunakan. Pasalnya engine flush dengan karakteristik yang terlalu asam mampu merusak sil yang ada pada mesin. Untuk menghindari kondisi tersebut, berikut beberapa rekomendasi engine flush terbaik yang bisa Anda dapatkan.

1. Waxco Anti Rust Engine Degreaser

Produk dari Waxco Auto Care Malaysia ini salah satu cairan pembersih mesin mobil yang cukup efektif. Waxco Anti Rust Engine Degreaser mampu membersihkan debu, tanah, hingga noda oli yang menempel pada ruang mesin.

Diantara keunggulannya selain efektif, juga aman jika terkena selang radiator kabel, cat, dan material plastik mobil. Penggunaanya juga praktis, Anda tinggal menyemprotkan ke bagian yang akan dibersihkan lalu gunakan kain yang dibasahi air untuk mengelapnya hingga bersih.

Waxco Anti Rust Engine Degreaser mudah ditemukan di toko perlengkapan mobil maupun marketplace daring lainnya. Adapun harganya berkisar mulai dari Rp 65 ribuan hingga Rp 80 ribuan.

Foto cairan anti karat Waxco anti rust engine degreaser

Waxco Anti Rust Engine Degreaser, tersedia di banyak toko online

2. Prestone Engine Degreaser

Prestone Engine Degreaser juga ampuh membersihkan debu, oli, gemuk, dan kotoran lain yang menempel. Cairan pembersih mesin mobil ini tidak hanya digunakan untuk mesin mobil dan truk, tapi juga untuk beragam mesin seperti pemotong rumput, peralatan laut, dan mesin industri.

Untuk penggunaan yang efektif dilakukan saat mesin mati dan masih dalam keadaan hangat. Lepaskan saringan udara, tutup karburator dan semua lubang intake dengan bahan waterproof, kemudian semprotkan Prestone Engine Degreaser pada bagian yang kotor. Tunggu sampai meresap sekitar 10 menit kemudian siram menggunakan air. Gunakan kain atau sikat bila diperlukan agar kotoran lebih mudah terangkat.

Baca Juga:  11 Merk Aki Mobil Terbaik: Kualitas Tinggi, Tahan Lama

Prestone Engine Degreaser mudah ditemukan di toko perlengkapan mobil maupun toko daring. Harganya berkisar mulai dari Rp 50 ribuan – Rp 70 ribuan.

3. BARDAHL Engine Tune Up & Flush

Bardahl Engine Tune Up & Flush, cairan pembersih mesin mobil merupakan cairan pembersih siram. Fungsinya menghilangkan beragam kotoran dalam ruang di dalam ruang mesin seperti pernis, lumpur, dan endapan logam yang menumpuk. Cairan pembersih ruang bakar mesin mobil ini juga cocok digunakan sebelum penggantian oli agar oli baru tidak terkontaminasi, baik oleh kotoran maupun sisa oli lama.

Cara penggunaannya; tuang 1 kaleng Engine Tune Up & Flush ke dalam crankcase mesin SEBELUM pengantian oli. Jalankan mesin kurang lebih 15 menit untuk mengedarkan larutan. Setelah itu kuras oli lama, ganti filter dan isi dengan oli baru.

Di beberapa toko daring, Bardahl Engine Tune Up & Flush dijual dengan harga sekitar Rp 150 ribuan.

Foto menunjukkan BARDAHL engine tune up and flush

BARDAHL Engine Tune Up & Flush, produk Amerika yang kini tersedia di Indonesia

4. Megacools Full Penetrate

Megacools Full Penetrate diproduksi PT. Prima Jireh Cakung Jakarta Timur. Produk ini punya fungsi beragam, sebagai cairan pembersih mesin mobil, pelembab mesin, juga pelumas anti karat. Megacools Full Penetrate mampu membersihkan media berbahan vinyl, kulit, plastik, stainless steel, dan karet plastik.

Semprot pada bagian yang akan dibersihkan secara merata, diamkan sebentar, lalu lap atau sikat secara perlahan hingga bersih. Megacools Full Penetrate mudah ditemukan di toko perlengkapan mobil maupun toko online. Selain disebut sebagai engine flush terbaik, harganya pun terbilang murah, hanya sekitar Rp 25 ribuan.

5. Wealthy Engine Cleaner

Berikutnya Anda bisa memilih engine flush terbaik dari Wealthy Engine Cleaner untuk membersihkan bagian permukaan mesin. Cairan ini mampu menghilangkan oli, gemuk, dan beragam kotoran lainnya secara cepat dan murah. Selain itu, karena dibuat menggunakan bahan dasar air Wealthy Engine Cleaner tidak merusak karet.

Baca Juga:  Larangan Mudik Lebaran Tak Pengaruhi Penjualan Mobil Baru

Cara penggunaannya seperti umumnya cairan pembersih bagian permukaan, cukup disemprot, diamkan beberapa menit, kemudian siram dengan air dan keringkan dengan lap. Jika diperlukan sikat halus bisa digunakan untuk mempermudah menghilangkan kotoran.

Wealthy Engine Cleaner kemasan 250 ml dijual di Wealthy shop dengan harga Rp 80 ribuan.

Foto Wealthy engine cleaner dalam kemasan

Wealthy Engine Cleaner, untuk membersihkan bagian permukaan mesin mobil

6. WEALTHY Engine Flush

Jika WEALTHY Engine Cleaner membersihkan bagian permukaan, WEALTHY Engine Flush membersihkan bagian dalam. Cairan pembersih ruang mesin mobil ini dapat melarutkan endapan lumpur dan kotoran lain pada mesin, serta membersihkan saluran oli dalam mesin. Jika digunakan secara teratur, dapat merawat seluruh sistem injeksi dari kontaminasi, mencegah karat dan kondensasi.

Campurkan WEALTHY Engine Flush 300 ml ke dalam oli lama sebelum ganti oli. Jalankan mesin dengan kecepatan sedang kurang lebih 10 menit. Setelah itu lakukan penggantian oli berikut filternya.

WEALTHY Engine Flush kemasan 300 ml dijual di Wealthy shop dengan harga Rp 115 ribu.

7. STP Engine Flush

STP dikenal dengan produk perawatan kendaraan yang mendunia. Salah satunya STP Engine Flush yang berfungsi sebagai cairan pembersih ruang bakar mesin mobil dari beragam kotoran seperti tumpukan lumpur, pernis, dan kerak pada mobil. Produk ini juga melumasi bagian dalam mobil untuk meminimalisir keausan dini.

Anda bisa menemukan STP Engine Flush di toko-toko perlengkapan mobil maupun di berbagai toko online. Untuk kemasan 450 ml harganya sekitar Rp 65 ribuan.

Foto STP Engine Flush

STP Engine Flush, engine flush terbaik yang membersihkan ruang mesin dari dalam

8. Liqui Moly Rapid Clear

Engine flush terbaik yang terakhir ada Liqui Moly Rapid Clear untuk membersihkan mesin dari noda minyak (gemuk), oli, maupun kotoran lain yang susah dibersihkan. Produk ini berbentuk spray sehingga cukup mudah dalam menggunakannya.

Baca Juga:  Ternyata Begini Posisi Gigi Mobil Matic yang Benar saat Nunggu Lampu Merah

Produk ini mampu menghilangkan kotoran dan karat dengan efektif serta mampu mencapai bagian terkecil pada mesin. Cocok untuk membersihkan rem, kopling, hingga transmisi. Liqui Moly Rapid Clear bisa dibeli di toko perlengkapan mobil maupun toko online dengan harga Rp 65 ribuan.

Selain rekomendasi engine flush terbaik di atas, Anda juga bisa menemukan berbagai pilihan cairan pembersih mesin yang sesuai dengan budget maupun kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk menyesuaikan produk yang digunakan dengan mesin Anda, ya!

  • Bagikan