Viral Dabbah Hewan Tanda Kiamat Muncul di Israel, Benarkah Demikian?

  • Bagikan

Surabaya – Viral foto yang disebut kemunculan Dabbah di Israel. Dabbah adalah hewan melata yang disebut dalam salah satu riwayat hadis sebagai tanda akan terjadinya kiamat.

Narasi dalam foto yang menyebar di media sosial itu pun cukup mengerikan sehingga membuat orang takut untuk membacanya.

“Dabbah Telah Muncul Di Israel, Binatang Pesan Tanda Kiamat. Semoga Kita Dalam Lindungan Allah. Aminn,” tulis unggahan tersebut di Facebook dilansir dari detikInet, Sabtu (4/2/2023).

Ternyata, setelah diamati dengan cermat, foto itu adalah cuplikan dari sebuah video yang menjelaskan binatang lain. Itu adalah tangkapan layar dari video ‘The Mexican Mole Lizard-Animal of the Week’ dari Ben G Thomas.

Hewan yang disebut Dabbah itu adalah Mexican Mole Lizard yakni sebuah kadal tanpa kaki. Mexican Mole Lizard memiliki nama ilmiah Bipes biporus yang habitatnya berada di air.

Seperti dikutip dari National Geographic pada Jumat (3/2/2023) Bipes biporus sering ditemukan di Baja California, Semenanjung Meksiko. Hewan dengan panjang sekitar 25 cm itu biasanya berada di bawah tanah dan jarang terlihat di permukaan.

Dapat disimpulkan bahwa foto itu bukanlah foto Dabbah. Narasi itu menyesatkan karena tidak sesuai dengan yang sebenarnya.

Mengenai Dabbah dalam Agama Islam, seperti yang sudah dilansir detikEdu, hewan itu merupakan sebagai salah satu tanda datangnya kiamat besar atau kiamat qubro. Kemunculan Dabbah sebagai tanda hari kiamat itu dinukil dari salah satu riwayat hadits yang diceritakan Abdullah bin Amr.

“Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang Kiamat) ialah terbitnya matahari dari Barat dan munculnya binatang melata (Dabbah) menemui manusia pada waktu Dhuha. Mana saja dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang lainnya pun segera terjadi.” (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Baca Juga:  Israel sebut Iran luncurkan puluhan drone ke wilayahnya

Ciri-ciri Dabbah dalam Islam antara lain sejenis binatang melata, hewan berbulu dan berambut, memiliki empat kaki, dan disebut Ibnu Abbas, salah satu sahabat Nabi, sebagai hewan berwajah manusia.

  • Bagikan