Windows Generasi Terbaru Segera Tiba! | Ini Jadwalnya

  • Bagikan

Pekan lalu Microsoft baru saja mengumumkan bahwa akan hadir Windows generasi terbaru di dalam waktu dekat.

Sebagai sistem operasi dominan untuk komputer PC, Windows telah menyumbangkan 14% dari total pendapatan Microsoft, salah satu perusahaan yang paling bernilai di dunia.

Perusahaan itu telah mendorong dua pembaruan setiap tahun untuk sistem operasi Windows 10 sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2015.

Di dalam undangan yang dibagikan, sistem operasi baru ini akan diumumkan pada virtual event 24 Juni mendatang.

Sesuai yang tertera di undangan yang dikirimkan Microsoft kepada awak media, acara itu akan diadakan secara online pada jam 11:00 ET.

Jadwal tersebut diumumkan satu minggu usai CEO Microsoft, Satya Nadella membagikan teaser tentang Windows generasi baru di acara Microsoft Build.

Windows Baru B0cb8

Sumber foto: Pixabay

Di dalam pidatonya di acara Microsoft Build, Nadella juga berjanji akan menghadirkan platform yang lebih ramah untuk para pengembang dan kreator.

Microsoft pun sedang mengembangkan toko aplikasi baru untuk Windows, sehingga akan memudahkan para pengembang untuk mendaftarkan aplikasi apa pun, seperti browser Firefox & Google Chrome.

Beberapa sumber juga menyebutkan bahwa Microsoft akan mengizinkan platform pembayaran pihak ke-3 di Windows app stores.

Dengan begitu, komisi untuk setiap pembelian aplikasi dan game tidak akan diambil Microsoft, melainkan bisa langsung diperuntukkan bagi para pengembang.

Dikutip dari The Verge, ia akan menjadi pembiacara utama di dalam acara itu, bersama Chief Product Officer Microsoft Panos Panay.

Pernyataan itu dikeluarkan tidak lama setelah Satya Nadella menyatakan bahwa pihak Microsoft akan mengehentikan pengembagan Windows 10X.

Windows 10X sendiri merupakan sistem operasi itu yang awalnya ditujukan untuk perangkat layar ganda seperti Surface Neo.

Baca Juga:  Malware Aneh Ini Larang Pengguna Kunjungi Situs Konten Bajakan

Pada tahun lalu Microsoft sebenarnya sudah memutuskan untuk berfokus pada PC layar tunggal seperti laptop untuk Windows 10X, karena berpotensi untuk menciptakan pesaing yang lebih kuat untuk Chrome OS.

Pada Rabu (18/05/2021) lalu pihak Microsoft juga mengatakan, “Daripada membawa produk yang disebut Windows 10X ke pasar pada tahun 2021 seperti yang kami maksudkan awalnya, kami memanfaatkan pembelajaran dari perjalanan kami sejauh ini dan mempercepat integrasi teknologi 10X ke bagian lain dari Windows dan produk di perusahaan.”

Microsoft bahkan berencana untuk memboyong beberapa elemen visual dari Windows 10X ke Windows 10 edisi utama.

Microsoft juga diprediksi akan mengumumkan perubahan signifikan untuk tampilan antarmuka di Windows.

Perusahaan besutan Bill Gates ini juga telah menyiapkan pembaruan dengan kode ‘Sun Valley’ yang akan menghadirkan tampilan yang jauh lebih modern.

Saat ini Microsoft telah mulai merombak tampilan Windows dengan menghadirkan ikon sistem baru, meningkatkan File Explorer, dan mengakhiri ikon dari era Windows 95.

  • Bagikan