Rekomendasi 5 Drama Korea tentang Hukum Wajib Tonton

  • Bagikan

Jakarta, Drama Korea tentang hukum dalam beberapa tahun terakhir mulai banyak diminati. Secara garis besar drama bertema hukum berkisah tentang ketidakadilan hukum dan korupsi yang melibatkan birokrasi.

Walau demikian sisi melankolis tetap ada meski dalam jumlah scene yang terbatas. Dalam drakor bergenre hukum, penonton disuguhkan peran penegak hukum dengan kasus yang beragam.

Drama drakor juga menampilkan adegan laga dan aksi yang cukup menarik. Kombinasi keduanya membuat menonton drama Korea jadi tidak membosankan.

Berikut 5 drama Korea tentang hukum yang wajib ditonton saat akhir pekan atau libur Lebaran mendatang.

1. Law School (2021)

Drama Korea Law School.
dok. jTBC via Hancinema
Law School adalah drama Korea tentang hukum (Dok. jTBC via Hancinema)

Drakor Law School berkisah tentang sebuah tragedi nahas yang terjadi di perguruan tinggi hukum bergengsi yang menjadi heboh hingga media massa.

Dipimpin oleh seorang mahasiswa hukum populer dan cerdas, kasus tersebut perlahan mendapat titik terang dan mencurigai salah seorang dosen sebagai pelakunya.

Drakor produksi jTBC yang diarahkan oleh sutradara Kim Seok Yoon dan penulis cerita Seo In tayang perdana 14 April lalu dan dijadwalkan berakhir pada 3 Juni.

Law School mendapat rating 91 pada laman Asianwiki, sementara pada laman Mydramalist mendapat rating 8,3.


2. The Attorney (2013)

The Attorney merupakan drakor yang diangkat dari kisah nyata yang terjadi di Busan tahun 1978. Saat itu Korea Selatan masih dikuasai rezim otoriter dan banyak melakukan penangkapan terhadap warga sipil.

Cerita berfokus pada sosok Son Woo Seok. Seorang pria lulusan SMA yang andal dalam hukum perpajakan. Suatu hari Soo Woo Seok diminta oleh wanita pemilik restoran langganannya untuk menolong anaknya yang dituding sebagai komunis.

Baca Juga:  39 Tempat Wisata di Serang Terbaru yang Lagi Hits

Soo Woo Seok kemudian bertekad memberikan perubahan dan keadilan bagi bangsanya dengan memperjuangkan hak asasi manusia dan kebenaran.

Drama true story ini disutradarai oleh Yang Woo Seok dengan penulis ceritanya dilakukan oleh Yoo Hyun Ho dan Lee Jung Hwa. Laman Mydramalist memberikan rating 8,2 untuk drakor ini, sementara Asianwiki memberikan penilaian 88.


3. Hyena (2020)

Hyena
Hyena adalah drama Korea tentang hukum (Foto: Dok. Netflix)

Drama Korea tentang hukum Hyena berkisah tentang seorang pengacara yang hanya mau bekerja untuk kalangan elite dan orang kaya Korea Selatan. Ceritanya berfokus pada dua pengacara, yakni Jung Geum Ja (Kim Hye Soo) dan Yoon Hee Jae (Joo Ji Hoon).

Keduanya digambarkan sebagai sosok pengacara ambisius dan haus akan kekuasaan.

Sebelum sukses menjadi pengacara ternama Jun Geum Ja hanyalah wanita tamatan SMA yang miskin, sampai dirinya lulus dalam ujian pengacara. Jun Geum Ja rela menggunakan segala cara untuk mendapatkan kekuasaan.

Sementara Yoon Hee Jae orang yang sangat percaya diri akan kecerdasannya dan menggunakan keahliannya memainkan hukum untuk membela orang-orang penting dan kaya di Korea.

Drama Korea Hyena disutradarai oleh Jang Tae Yoo dengan Kim Roo Ri sebagai penulis ceritanya.


4. Legal High (2019)

Legal High diadaptasi dari seri populer di Jepang dengan judul yang sama yang tayang 2012 yang proses adaptasi dilakukan oleh sutradara Kim Jung Hyun.

Legal High berkisah tentang dua orang pengacara muda bernama Go Tae Rim dan Seo Jae In yang bertolak belakang. Go Tae Rim merupakan pengacara muda yang sukses dan tidak pernah kalah dalam menghadapi kasus.

Ia lihai dalam mencari celah hukum demi memenangkan kasus. Sementara Jae In seorang pengacara pemula yang merasa sulit menang sehingga masa depannya sebagai pengacara terancam.

Baca Juga:  Wulan Guritno Pakai Baju Tembus Pandang, Netizen: Hot Mom Idaman Indonesia

Seo Eun Soo akhirnya memutuskan untuk belajar dengan Jin Goo agar dapat memberikan keadilan bagi klien sekaligus kelangsungan karier pengacaranya.

5. Lawless Lawyer (2018)

Drama Korea tentang hukum Lawless Lawyer berkisah tentang seorang pengacara muda terkenal bernama Bong Sang Pil. Sebelum menjadi pengacara, Bong Sang merupakan anggota gangster. Cara gangster ia terapkan dalam menyelesaikan sebuah kasus.

Demi membalas dendam kematian ibunya 18 tahun lalu akibat anak buah seorang hakim di kota tersebut, Bong Sang kemudian mendirikan firma hukum di kampungnya.

Dia kemudian merekrut seorang pengacara muda tendensius dan tangguh bernama Ha Jae Yi. Keduanya bekerja sama untuk menjatuhkan hakim sekaligus mengungkap kebusukan masa lalu keduanya.

Drama Korea produksi tvN ini merupakan kolaborasi sutradara Kim Jin Min dan Yoon Hyun Ho sebagai penulis ceritanya.

  • Bagikan