Kapan Berdirinya Asean? Ini Penjelasannya

  • Bagikan
Foto: DW (News)

Jakarta – Kapan berdirinya Asean, detikers? Asean berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967. Pada tanggal tersebut di Bangkok, lima perwakilan negara-negara di Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand melakukan deklarasi bersama.

Deklarasi bersama tersebut ditindaklanjuti dengan melakukan penandatanganan Deklarasi ASEAN (The ASEAN Declaration) atau yang dikenal dengan Deklarasi Bangkok (Bangkok Declaration).

Kelima negara tersebut diwakili oleh Menteri Luar Negeri Indonesia (Adam Malik), Wakil Perdana Menteri merangkap Menteri Pertahanan dan Menteri Pembangunan Nasional Malaysia (Tun Abdul Razak), Menteri Luar Negeri Filipina (Narciso Ramos), Menteri Luar Negeri Singapura (S. Rajaratnam), dan Menteri Luar Negeri Thailand (Thanat Khoman) menindaklanjuti Deklarasi Bersama dengan melakukan pertemuan dan penandatanganan Deklarasi ASEAN (The ASEAN Declaration) atau yang dikenal dengan Deklarasi Bangkok (Bangkok Declaration).

Isi Deklarasi Bangkok itu adalah sebagai berikut:

1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara;

2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional;

3. Meningkatkan kerja sama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi;

4. Memelihara kerja sama yang erat di tengah-tengah organisasi regional dan internasional yang ada;

5. Meningkatkan kerja sama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara.

Setelah kapan berdirinya negara Asean yang jatuh pada tanggal 8 Agustus 1967. Kelima negara tersebut memiliki keinginan untuk menggabungkan diri ke dalam Asean. Berikut penjelasannya seperti yang dilansir dari laman Kemlu:

1. Brunei Darussalam resmi menjadi anggota ke-6 ASEAN pada tanggal 7 Januari 1984 dalam Sidang Khusus para Menteri Luar Negeri ASEAN (ASEAN Ministerial Meeting/ AMM) di Jakarta, Indonesia.

2. Vietnam resmi menjadi anggota ke-7 ASEAN pada pertemuan para Menteri Luar NegerASEAN ke-28 di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, 29-30 Juli 1995

Baca Juga:  Anya Geraldine Bikin Penasaran Posting Wajah Pria, Pacar Baru?

3. Laos dan Myanmar resmi menjadi anggota ke-8 dan ke-9 ASEAN pada pertemuan para Menteri Luar Negeri ASEAN ke-30 di Subang Jaya, Malaysia, 23-28 Juli 1997.

4. Kamboja resmi menjadi anggota ke-10 ASEAN dalam Upacara Khusus Penerimaan pada tanggal 30 April 1999 di Hanoi.

Selain itu, berkaitan dengan keanggotaan Asean, Timor Leste juga turut mendaftarkan diri sebagai anggota Asean pada tahun 2011.

Dalam perkembangannya Asean telah mengalami perkembangan dari masa ke masa sesuai dengan cita-cita para pendiri Asean untuk menjalin persahabatan dan kerja sama dalam menciptakan wilayah yang aman, damai dan makmur.

Jadi detikers kapan berdirinya Asean? Yaitu tanggal 8 Agustus 1967 ya. Jangan sampai salah!

  • Bagikan